Fitting Pipa HDPE

Distributor Pipa Surabaya – Fitting pipa HDPE merupakan salah satu komponen yang tidak lepas dari proses instalasi dalam sistem perpipaan. Sederhananya, fitting adalah sebuah pengendali aliran dalam sistem perpipaan. Fitting pipa HDPE ini memiliki beberapa ukuran, bentuk, karakter serta spesifikasi yang berbeda sesuai fungsinya.

fitting pipa hdpe

Jenis Fitting Pipa HDPE

Fitting pipa HDPE memiliki fungsi untuk merubah saluran air menjadi lebih besar ataupun kecil. Untuk memasang pipa HDPE sangat dibutuhkan fitting atau sambungan ini. Ada beberapa jenis fitting pipa HDPE yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mengaplikasikannya, antara lain;

1. Fitting Pipa Jenis Tee

Fitting dengan bentuk huruf “T” ini berfungsi untuk membelokkan serta membagi aliran menjadi dua arah. Memiliki tiga cabang  (lubang) dapat membuat aliran yang dihasilkan dari pipa lurus bisa dibelokkan ke arah kanan dan kekiri. Selain berbentuk “T”, prinsip pipa yang bisa membagi dua arah ini juga banyak memiliki bentuk seperti huruf Y yang sering disebut dengan Y-Branch. Fitting tee ini juga memiliki 2 bentuk, Straight Tee memiliki lubang ujung dibagian  kanan, kiri serta di bagian tengahnya memiliki ukuran yang sama. Sedangkan Reducer Tee lubang di ujung kanan-kirinya memiliki ukuran yang sama namun pada bagian tengah ukurannya mengecil.

2. Fitting Elbow

Pipa jenis ini adalah jenis yang paling dikenal dipasaran. Memiliki bentuk seperti siku karena itu disebut dengan Elbow (siku) dengan kerangka bungkuk pada sudut atau kurva, sehingga pipa menjadi lurus dan bisa menyatu dengan mudah pada setiap sudutnya dan berfungsi dengan baik dalam mengubah aliran air mengalir bercabang. Pipa elbow memiliki banyak jenis yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan dalam perpipaan mulai dari dimensi derajat maupun jenis dratnya. Pipa elbow terkenal dengan jenis pipa 45 derajat dan 90 derajat dengan drat luar maupun drat dalam.

3. Fitting Reducer

Fitting reducer memiliki fungsi yang sesuai dengan namanya yaitu untuk me-reduce atau mengurangi aliran fluida yang mengalir melalui pipa dengan mengurangi ukuran pipanya saja, bukan valve-nya. Dalam perpipaan, fitting reducer ini memiliki peran untuk menggabungkan pipa dari ukuran yang diameternya lebih kecil ke diameter yang lebih besar, atau sebaliknya. Fitting reducer ini memiliki 2 jenis dengan fungsi yang berbeda. Ada eccentric reducer dan concentric reducer.

Baca juga: Ukuran Pipa HDPE

4. Fitting Cap

Fitting cap ini memiliki bentuk seperti bulatan yang punya cekungan didalamnya. Kompenen fitting ini pada umumnya memiliki fungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Biasanya fitting cap ini langsung di las pada bagian ujung pipa yang sama dengan fungsi blind flange yaitu sebagai penutup aliran fluida yang dapat dilepas dan dibongkar untuk kebutuhan tertentu. Dalam kebutuhan untuk menutup aliran pipa , maka bisa memilih untuk menggunakan blind flange atau fitting pipa cap karena memiliki fungsi yang sama.

5. Stub End

Jenis fitting ini berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Fitting ini disambungkan langsung dengan pipa utamanya. Stub End bisa juga menjadi penutup yang bisa dibongkar pasang dengan dilengkapi sambungan flange adaptor.

Memilih Jenis Fitting Pipa HDPE

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menentukan jenis fitting yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Berikut tahapannya;

  1. Sesuaikan dengan jenis instalasinya. Jenis instalasi yang biasanya dipasang bentuknya lurus atau berkelok. Baiknya, sebelum Anda membuat atau memilih fitting, pahami dan tentukan dulu jenis instalasinya. Hal tersebut agar fitting yang dipilih benar-benar sesuai dengan desain instalasi pipa yang sudah direncanakan.
  2. Sesuaikan dengan ukuran pipa.Pada umumnya, untuk ukuran pipa yang kecil antara ½ – 2 menggunakan jenis fitting mechanical joint. Sedangkan untuk ukuran pipa yang lebih besar menggunakan jenis compression joint, injection joint dan segmented joint. Pastikan dulu ukuran pipa yang Anda rencanakan sebelum memilih jenis fittingnya.
  3. Gunakan mesin. Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran fitting yang tepat, gunakan mesin sambungan HDPE yang tepat pula.

Baca juga: Mesin Pipa HDPE

Itulah beberapa jenis fitting pipa HDPE yang mungkin Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan distributor fitting pipa HDPE, Anda bisa bekerjasama dengan CV. Abadi Mandiri Perkasa. Dapatkan penawaran harga khusus untuk pembelian produk pipa dari distributor pipa HDPE tersebut. Untuk informasi lengkap dan pemesanan, silakan hubungi customer service distributor pipa Surabaya ataupun berkunjung langsung ke kantor pemasaran perusahaan.